-->

Pages

Wednesday, January 25, 2012

[Gambar] Sultanah Nahrisyah Collections

Relief Batu Nisam Aceh
 Ratu Nahrisyah
dua prasasti terbesar yang dimiliki oleh Kuta Karang. Prasasti yang terbesar adalah miliknya Sultanah Nahrisyah (1400-1427 M). Disampingya ada sebuah lagi. Bentuknya agak sedikit kecil dari miliknya Nahrisyah, yaitu punya Sultan Zainal Abidin Malikudhahir (1383-1400 M). Zainal adalah ayah dari Nahrisyah.
Kedua prasasti makam itu dibuat dari batu pualam berwarna putih agak kekuningan. Diseluruh batu itu juga diukir dengan tulisan arab dan kaligrafi lainnya yang menceritakan siapa pemilik monumen itu. Sedangkan dimasing-masing sisi "tanda mata" itulah, kedua pembesar Samudera Pase itu dikubur.(Sumber: theglobejournal )

Komplek makam Raja-raja Aceh

Makam Ratu Nahrisyah
Silsilah raja Pasai


Keajaiban tsunami 2004 M
KOMPLEK PEMAKAMAN RATU NAHRISYAH/ PENGUASA KESULTANAN SAMUDERA PASAI TAHUN 1420 HINGGA 1428/ KONDISI KOMPLEK MAKAM SULTANAH NAHRISYAH INI SEDIKIT LEBIH BURUK/ NAMUN MAKAM RATU NAHRISYAH JUGA SELAMAT/ HANYA LUMPUR YANG MENGOTORI LANTAI MAKAM/ PADAHAL KONDISI SELURUH PAGAR KOMPLEK INI SUDAH RONTOK DARI PONDASINYA/ APALAGI LOKASI MAKAM INI JUGA HANYA BERADA SEKITAR 100 METER DARI PANTAI//
Sumber ( dennysb.multiply.com )

Terjemahan tulisan di makam Ratu nahrisyah

Lambang pedang kerajaan Aceh
Makan Kuta Karang Samudera Pasee
Relief batu nisam Aceh

Twitter

Lajnah bahtsul masail pesantren MUDI mesra

ANEUK LENPIPA