-->

Pages

Wednesday, December 28, 2011

Bagaimana cara INSTALASI DVD SOFTWARE SHAMELA 5500



Spesifikasi komputer yang dibutuhkan:

1.     Sistem operasi: Microsoft Windows Arabic (Win95 Arabic atau Win98 Arabic) atau WinXP yang di-enable arabicnya.
# Mengaktifkan Feature Arabic pada Windows XP
a.    Siapkan CD Windows XP karena akan dibutuhkan ketika mengaktifkan feature ini.
b.    Klik Start – Control Panel – Date, Time, Language, and Regional Options -  Regiona and Language Options. Jika tampilan Control Panel sudah ada pilihan Regiona and Language Options, Anda tidak perlu mencari pilihan Date, Time, Language, and Regional Options.

c.     Pada tabulasi Language pilih check-box  yang pertama yaitu, "Install files for complex script and right-to-left languages (including Thai)" , lalu klik Apply. (Lihat Gambar. 1)
d.    Komputer akan menginstal karakter Arab dari CD Windows XP.
e.     Aktifkan mode Arabic melalui tabulasi Advanced. Pilih Arabic, dengan nama Negara apapun asalkan bertuliskan Arabic. Misalnya Mesir, Egypt, Saudi Arabia, dsb. (Lihat Gambar. 2)
f.     Aktifkan juga format numbers, currencies, dates, and time dalam Arabic melalui tabulasi  Regional Options. Pilih Arabic dengan nama Negara apasaja. (Lihat Gambar. 3)   


Catatan:
1. Sebelum instalasi Maktabah Syamilah (pastikan Windosw XP Anda sudah di-aktifkan feature Arabic-nya.  Karena instalasi Maktabah Syamilah menggunakan interface (tampilan) bahasa Arab.
File "Manual Shamila versi 1800.pdf" adalah manual untuk menggunakan Software Maktabah Syamilah versi 1800 kitab. Akan tetapi secara garis besar tidak ada perbedaan yang cukup berarti antara versi 1800, 2000 dan 5500 dalam hal interface. Hanya saja ada beberapa interface (tampilan) menu yang sedikit berbeda antara versi 1800, 2000 5500 dan 6250

2. Dalam file "Website NU Nihon, Jepang (versi 1800 kitab).htm" adalah tampilan halaman Website NU Nihon, Jepang.  Dalam file tersebut masih tampilan ketika Maktabah Syamilah versi 1800.

3. Jangan sekali-kali membuang folder Library setelah instalasi. Karena Program tidak bisa dibuka atau  menampilkan data yg ada di Library.

4. Setelah Instalasi Maktabah Syamilah selesai. Dan ruang Hard disk Anda termakan sangat banyak dan tinggal sedikit sekali. Anda bisa membuang file: shamela 6250.rar
   
5. Suatu hari jika Komputer Anda rusak dan ingin menginstalnya kembali, Anda cukup  menggunakan langkah setup pd folder library jika memang file-file hasil proses extract masih ada dan utuh. Jika tidak ada atau sengaja dibuang karena diformat, cari file: shamela 6550.rar
   Dan ikuti langkah instalasi dari nomor 2 sampai selesai.

6. Apabila file :  shamela 6250.rar tidak ada karena pertimbangan yang dijelaskan dalam Catatan nomor 3, solusinya masukkan kembali DVD Shamela dan ikuti langkah-langkah instalasi dari awal sampai selesai.
Selamat Menggunakan Maktabah Syamilah.

Twitter

Lajnah bahtsul masail pesantren MUDI mesra

ANEUK LENPIPA